Friday, March 9, 2012

Skema Pressure Control Pada Atmospheric Tank

Saya menemukan artikel yang sangat bagus bagi para pembelajar (baca:newbie) Process Engineer mengenai guideline untuk mendesain pressure control untuk tangki atmosferik. Artikel ini saya dapatkan dari sepuh ART MONTEMAYOR di forum www.chesources.com.


Frankly speak, belum pernah ada senior, atau standar di EPC atau Client standard yang memberi guideline sedetail ini dalam hal mendesain skema pressure kontrol di tanki atmosferik (at least kepada saya,,.). Saya sangat terbantu dengan sumber yang diperoleh dari Opa Art. Dan saya ingin berbagi ilmu dengan pembaca..


Saya berharap, dengan guideline yang saya share ini, para newbie process engineer dapat terbantu dalam mendesain skema kontrol tekanan di tanki atmosferik.


Let us start...Secara umum, flowchart untuk memilih skema pressure control pada Atm Tank adalah sbb.


 (Maaf kalau terlalu kecil,.... Sedikit zoom in akan sangat membantu)


Sementara Arrangement A- K adalah sebegai berikut


Arrangement A:


Arrangement B




Arrangement C


Arrangement D




Arrangement E


Arrangement F


Arrangement G




Arrangement H




Arrangement J




Arrangement K




As usual, jika pembaca punya ide lain, mari dishare bersama untuk menambah khasanah pengetahuan kita.


Salam
Gandi Iswara
(newbie) Process Engineer



No comments:

Post a Comment